Laman

Minggu, 18 Maret 2012

9 Tips Membeli Sepatu Wanita



Sepatu adalah aksesoris wajib bagi banyak wanita dan terus berevolusi mengikuti perkembangan gaya dan trend di masyarakat. Selain sebagai alas kaki, sepatu juga berfungsi untuk memperindah penampilan seorang wanita.

Biarpun begitu, konsumen harus tetap berhati-hati dalam membeli sepatu agar terhindar dari cedera dan untuk menjaga kesehatan kaki.

Berikut adalah 9 tips untuk membeli sepatu wanita:


PILIHLAH SEPATU DENGAN TINGGI HAK YANG WAJARHak sepatu sebaiknya tidak melebihi 3.8-4 cm dan memiliki bantalan tumit yang lebar. Bantalan tumit yang kecil kurang baik karena tidak bisa mensupport kaki dengan sempurna.

PERIKSALAH UKURAN KAKI. Kaki akan bertambah panjang dan bertambah lebar seiring dengan bertambahnya usia. Tidak perlu mengukur kaki setiap kali membeli sepatu, tapi periksalah ukuran kaki setiap beberapa tahun sekali. Lakukan pengukuran dengan cara berdiri karena kaki akan melebar ketika anda berdiri.

JANGAN MENGANDALKAN UKURAN SEPATU SAJA. Janganlah terpaku pada satu ukuran. Bisa jadi ukuran sepatu yang pas di merk yang satu, menjadi tidak pas di merk yang lain.

BANDINGKAN LEBAR SEPATU DENGAN LEBAR KAKI. Berdirilah dan taruh sepatu di samping kaki anda. Bandingkan mana yang lebih lebar, sepatunya atau kakinya? Hindari membeli sepatu yang terlalu sempit, walaupun anda sangat menyukainya. 

COBA KEDUA BELAH SEPATU SEBELUM MEMBELI. Apakah keduanya nyaman dipakai? Banyak orang punya ukuran kaki yang tidak sama antara yang kiri dan kanan. Jika anda mempunyai kaki yang seperti ini, pilihlah sepatu yang ukurannya pas di kaki. Pastikan sepatu tersebut mempunyai cukup ruang bebas (paling tidak seukuran buku jari) yang diukur dari ujung sepatu sampai ujung jari kaki terpanjang.

BELILAH SEPATU DI SIANG ATAU SORE HARI. Kaki akan membesar di siang dan sore hari. Bisa jadi sepatu yang nyaman di pagi hari akan terasa sempit di sore hari. Oleh karenanya, membeli sepatu di siang atau sore hari akan memastikan bahwa ukuran sepatu telah mengikuti ukuran kaki yang sebenarnya.

JANGAN PERCAYA OMONGAN 'NANTI JUGA MUAT'.  Sepatu haruslah langsung nyaman ketika dikenakan. Jangan beli sepatu dengan anggapan bahwa nanti akan muat setelah dipakai beberapa lama.

TANYAKAN PADA TOKO APAKAH BARANG BISA DITUKAR. Di Indonesia ada kebiasan yang merugikan pembeli, yaitu kebijakan barang yang sudah dibeli tidak dapat ditukar atau dikembalikan. Ada baiknya anda memastikan terlebih dahulu apakah sepatu bisa ditukar. Karena bisa saja nanti sepatu yang sudah dibeli, ternyata malah tidak nyaman untuk dipakai.

PERHATIKAN BAHAN DAN MODEL. Pilihlah bahan sepatu yang fleksibel dan memungkinkan kaki anda untuk ‘bernapas’, seperti sepatu kulit atau rajutan nylon. Hindari sepatu yang kira-kira bisa menyebabkan gesekan terus menerus pada kaki anda.

- - -

Kaki merupakan fondasi tubuh. Janganlah keinginan untuk terlihat fashionable membuat anda sulit untuk berdiri, duduk, ataupun berjalan. 

Menurut beberapa perkiraan, seseorang akan berjalan beberapa ribu kilometer sepanjang hidupnya.Oleh karenanya, berbuat baiklah terhadap kaki anda. :) 

Tidak ada komentar: